Senin, 25 November 2013

KML-D Tingkat Nasional 2013 adalah Motivator dan Dinamisator Penggerak Kegiatan Kepramukaan digugus depan dan Tingkat Kwartir.


607851_557996_582158915171069_72916821_n.jpg

Cibubur, Sebagai upaya peningkatan jumlah tenaga Pembina Pramuka Mahir Golongan Pandega Tingkat Lanjutan, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Golongan Pandega Tingkat Lanjutan (KML-D) Tingkat Nasional. Wakil Ketua Bidang Pendidikan & Penelitian, Kak Jana Tjahjana Anggadiredja membuka secara resmi kegiatan KML-D Tingkat Nasional bertempat di Pusdiklatnas TRW Cibubur Jakarta Timur, selasa pagi (29/10).

Dalam sambutannya Kak Jana mengatakan “ bahwa kegiatan KML-D Tingkat Nasional 2013 ini adalah yang pertama, yang mempunyai tujuan secara umum yaitu untuk meningkatkan jumlah dan mutu Pembina Pramuka Mahir Golongan Pandega Tingkat Lanjutan yang memiliki kopetensi serta dedikasi tinggi sehingga mampu melakukan pembaharuan dibidang pembinaan peserta didik disatuannya, dan mampu mengelola kegiatan digugus depannya masing-masing,”. sekitar 85 % materi yang akan diperoleh peserta KML-D Tingkat Nasional adalah kegiatan dilapangan, dengan harapan Pembina Pramuka Mahir Golongan Pandega Tingkat Lanjutan dapat menjadi Pembina yang tepat untuk mendidik anggota Pramuka Pandega setelah mengikuti kegiatan tersebut. Kak Jana menghimbau Pudiklatda dan Pusdiklatcab agar melaksanakan kegiatan KML-D karena sebagian besar Pramuka Golongan Pandega berada daerah dan kota-kota besar, karena melalui KML-D Tingkat Nasional 2013 adalah Motivator dan Dinamisator Penggerak Kegiatan Kepramukaan digugus depan dan Tingkat Kwartir.

Sementara itu ketua Pelaksana KML-D Tingkat Nasional 2013, Kak Susi Yuliati mengungkapkan bahwa KML-D berlangsung 28 Oktober – 3 November 2013 yang diikuti oleh 16 orang putra dan 2 orang putri. Mereka adalah Pembina Mahir Lulusan KMD yang aktif membina Pramuka Pandega utusan dari 13 Kwarda. Peserta akan mendapatkan pembelajaran dari tim pelatih Kwarnas dan Kwarda dengan multi metode antara lain : ceramah, seminar, Lokakarya, dinamika kelompok, out door scout activity game, rencana tindak lanjut dan open forum. Bahkan setiap hari peserta KML-D akan melaksanakan Project Work yang dilaksanakan diwilayah Cibubur dan sekitarnya dengan mengerjakan Jembatan Bambu dan Pos Ronda.

Humas : yd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar