Minggu, 31 Maret 2013

Gambang Kromong Meriahkan Malam Terakhir Di Sub Camp Situ Babakan

620092_malam_pertama_2.jpg


Alunan lagu betawi yang diiringi music Gambang Kromong meriahkan malam terakhir (27/3) peserta International Scout Peace Camp Tahun 2013 (ISPC 2013) di Sub Camp Situ Babakan, Jakarta Selatan, Jakarta. Mereka, peserta ISPC 2013 tak terasa menjalani hidup selama 2 hari di Situ Babakan dengan masyarakat yang kental budaya betawinya. Dua hari yang begitu singkat namun penuh dengan sejuta rasa bersama masyarakat tentu meninggal kenangan. Kebersamaan dan persahabatan yang tumbuh dari masing-masing peserta ISPC 2013 menjadi modal yang kuat menciptakan perdamaian dunia.
Gambang kromong merupakan music tradisional betawi yang saat ini masih eksis dan bertahan di tengah persaingan music-musik modern yang digandrungi generasi muda. Selain gambang kromong, ada juga penampilan seni lainnya yang merupakan khas betawi seperti qasidah dan rampak shalawat yang dibawakan oleh siswa – siswi SDN di daerah Jagakarsa. Tari ngedelingin yang dibawakan oleh para siswi SMPN 276 Jakarta menarik perhatian peserta ISPC 2013 dan pengunjung karena gerakannya yang dinamis, kostum yang indah dengan perpaduan tarian tradisional modern.
Menurut salah satu peserta yang berasal dari Thailand, Canon Jantaravichien, kegiatan malam ini sangat menarik dan berkesan karena dia bisa melihat dan mempelajari kebudayaan dari Negara lain.
Tak kalah menariknya, tampilnya dari perwakilan peserta ISPC, yaitu kontingen Arab Saudi dan Oman. Mereka menyanyikan lagu dari negara mereka. Selain itu ada juga penampilan dari Kenya dan Zimbabwe. Mereka mengajarkan peserta dan pengunjung dengan yel yel dari Negara mereka masing – masing, sehingga suasana semakin semarak.
Malam semakin larut namun para peserta ISPC 2013 seakan-akan tak mau kehilangan malam terakhir ini. Tetapi karena besok masih ada kegiatan maka kegiatan dibatasi sampai jam 22.30. dan kebersamaan malam ini di tutup dengan tarian chickendance dari Banten dan joged komando dengan lagu Sulawesi yang dilakukan oleh semua peserta ISPC 2013. (HB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar