Senin, 09 September 2013

Pemerintahan KPN 2013 Bertemu Dengan Pinkon Daerah


229327_1.JPG

Jakarta (9/9) Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. Dr. Jana T. Anggadiredja, M.Sc, Apt memimpin langsung Rapat Koordinasi Pimpinan Kontingen Daerah pada minggu malam (8/9) di Aula Dewi Sartika, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta.
           Mengawali forum koordinasi itu, pemerintahan Karang Pamitran Tingkat Nasional Tahun 2013 (KPN 2013) yaitu pimpinan Kwartir Daerah (Kwarda), pimpinan Kwartir Cabang (Kwarcab), pimpinan Kwartir Ranting (Kwarran), dan pimpinan Bidang-Bidang KPN 2013 diperkenalkan kepada para pimpinan kontingen dari 33 Kwartir Daerah se-Indonesia.
Rapat yang diwarnai suasana penuh keakraban itu, Penangungjawab KPN 2013 menyatakan bahwa kegiatan Karang Pamitran ini menjadi penting untuk dilaksanakan karena Gerakan Pramuka saat ini mulai dilirik kembali baik oleh pemerintah dan  berbagai elemen masyarakat.”
Menurut Kak Jana, sapaan Jana T. Anggadiredja, Karang Pamitran Tingkat Nasional ini merupakan Karang Pamitran ke empat setelah kegiatan pertama kali pada tahun 1983 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta, dan saat ini pramuka sedang dilirik dan dipercaya kembali oleh pemerintah dan berbagai lemen masyarakat.
“KPN 2013 ini menjadi momentum penting untuk mensukseskan pendidikan kepramukaan di tanah air,” ujar kak Jana.
Kak Jana mengatakan bahwa ada dua hal pokok agar kepramukaan sebagai sarana pendidikan kader-kader bangsa yang berkarakter dapat berjalan sukses diantaranya; di satuan pendidikan untuk peserta didik yaitu di gugus depan dan untuk anggota pramuka dewasa di pusat pendidikan dan latihan, jadi disitulah proses pendidikan kepramukaan dapat berjalan sukses.
“Intinya kalau pembina pramuka berkualitas maka secara otomatis peserta didiknya juga berkualitas, jadi kita manfaatkan KPN 2013 ini sebagai contoh untuk dilaksanakan di daerah masing-masing,” ungkap kak Jana.
Kak Jana menambahkan, perubahan program pendidikan kepramukaan yang baru ini, semoga dapat diselesaikan pada kegiatan KPN 2013 ini.
Sementara itu, Kak Joko Mursito selaku Ketua Pelaksana KPN 2013 berharap hasil dari KPN 2013 ini dapat diterapkan dengan baik dan dapat diterima oleh peserta didik.
“Jadi Karang Pamitran ini sama dengan jamborenya para pembina pramuka, tujuannya mereka bertemu dan berbagi pengalaman ketika mereka melaksanakan kurikulum kepramukaan. Mereka mempraktekkan dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari pendidikan kepramukaan baik mahir dasar maupun mahir lanjutan di gugus depan” tegas Kak Joko Murshito. Tim Humas KPN 2013 (B-TP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar