Jumat, 04 Oktober 2013

Kakwarnas Dukung Kemah Sako Masyarakat Adat Papua


599858_1.JPG

             Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. Dr. H. Azrul Azwar, MPH sangat mendukung pelaksanaan Perkemahan Sako Masyarakat Adat Papua. Pernyataan tersebut disampaikan saat menerima Ketua Umum Lembaga Masyarakat Adat Papua, Lenis Kogoya, S.Th, M.Hum di ruang rapat pimpinan Kwarnas, Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, Selasa siang (1/10)
            Kita berharap Gerakan Pramuka punya peran penting dalam menciptakan perdamaian warga Papua karena diyakini bahwa pramuka masih diterima kehadirannya, kata Kak Azrul Azwar.
            Penyelenggaraan Kemah Sako Masyarakat Adat Papua ini ungkap Lenis Kogoya adalah menanamkan wawasan kebangsaan bagi seluruh warga masyarakat adat Papua agar tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
            “Pramuka dianggap mampu mengubah sikap  keindonesiaan dan hidup secara damai dengan warga lain untuk saling toleransi sesama warga sebangsa, tegas Lenis yang sengaja datang ke Jakarta untuk meminta dukungan baik kepada pemerintah pusat maupun kepada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
            Kegiatan yang mengangkat tema “Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia”, ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 – 17 Nopember 2013 di Wamena, Jayawijaya, Papua.
            Adapun tujuan dari Kemah  Sako Masyarakat Adat Pupua ini adalah 1) Mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, 2) Mempersiapkan generasi muda sebagai warga negara yang baik dan kader pimpinan Bangsa yang tangguh pada masa depan, dan 3) Mempercepat pembangunan fisik dan nonfisik masyarakat Papua secara keseluruhan.
            Sementara pesertanya adalah perwakilan Lembaga Masyarakat Adat Propinsi Papua dan Papua Barat : 38 Kabupaten @5 peserta = 190 orang serta anggota Gerakan Pramuka Penegak dan Pandega dari 6 Kwartir Cabang (Jayawijaya, Lanijaya, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Puncak Jaya ) @20 orang = 120 orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar