Minggu, 27 Oktober 2013

Pelatihan Jota Komunikasi Radio Memiliki Peran Yang Sangat Penting Pada kegiatan pertolongan bencana

166966_Jota-joti2.jpg


Cibubur, Dalam kegiatan Jambore On The Air (JOTA) Nasional ke 74 dan Jambore On The Internet (JOTI) Nasional ke- 32 yang berlangsung di Aula Tirta Teja Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, 31 peserta putri dan 28 peserta putra yang terdiri dari anggota pramuka penggalang, penegak dan pandega dari Kwarda DKI Jakarta dan Kwarda Jawa Barat tidak hanya mendapatkan ilmu dan wawasan tentang Joti, akan tetapi mereka juga dibekali ilmu melalui pelatihan Jota tentang Komunikasi Radio dalam Kegiatan Amatir Radio, Sabtu siang ( 19/10).
Kak Dicky Surjadi selaku NJO-Indonesia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan mempunyai nilai positif untuk generasi muda dimasa yang akan datang. Pengetahuan tentang Komunikasi lewat Radio tetap penting untuk Pramuka. Pelatihan Jamboree On The Air (JOTA) bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan bagi kaum muda yaitu Pramuka Penegak dan Pandega dalam perangkat elektronik khususnya komunikasi menggunakan perangkat Radio Amatir. Komunikasi radio selain bisa digunakan untuk menjalin persahabatan sesama Pramuka se Nusantara maupun sedunia dapat dimanfaatkan dalam membantu kegiatan sosial dan pertolongan bencana, seperti Gunung Meletus, Tsunami, banjir bandang dan sebagainya.

Kak Dicky juga menambahkan bahwa Pada kegiatan pertolongan bencana, komunikasi radio memiliki peran yang sangat penting
Pelatihan dikemas dalam bentuk pemberian materi tentang pengetahuan komunikasi, Standar Operating Prosedur (SOP) dalam Komunikasi radio Amatir, dan Praktek menggunakan perangkat Radio yang dipandu oleh pemateri dari Andalan Nasional GP dan Orari Pusat. Setelah penyampaian materi selesai para Peserta dikenalkan dengan macam-macam alat komunikasi (Alkom), Standar Operating Prosedur (SOP) dalam berkomunikasi radio amatir.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan akan terbina persaudaraan dan persatuan diantara sesama anggota Gerakan Pramuka melalui Komunikasi Radio yang pada gilirannya akan memperkokoh persatuan nasional.

(Humas : Yd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar