Rabu, 26 Juni 2013

Acara Buka Adat Bhineka Tunggal Ika di Pertikabumi Nasional 2013


628992_1.jpg

Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu jua yang berasal dari buku atau kitab sutasoma karangan Mpu Tantular / Empu Tantular. Secara mendalam Bhineka Tunggal Ika memiliki makna walaupun di Indonesia terdapat banyak suku, agama, ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air. Dipersatukan dengan bendera, lagu kebangsaan, mata uang, bahasa dan lain-lain yang sama.
Di Lubuk Minturun, Kota Padang, Sumatera Barat, anak-anak muda bangsa yang terdiri dari barbagai suku, agama, ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya. Mereka tentu akan melakukan berbagai kegiatan bina diri, bina bangsa dalam kegiatan yang bertajuk Perkemahan Bakti Saka Pramuka Tarunabumi Tingkat Nasional ke-V Tahun 2013 atau disingkat Pertikabumi Nasional V 2013. Kegiatan berlangsung selama sepekan, yaitu tanggal 24-30 Juni 2013.
Neni Nuraeni, Dewan Kerja Nasional yang bertugas sebagai Wakil Ketua II Bidang Perkemahan/Camat Perkemahan dan bertindak selaku Ketua Adat Ambalan Bhineka Tunggal Ika menyatakan bahwa ajang Pertikabumi Nasional V 2013 ini bukan sekedar ajang pestanya anak muda tetapi ajang pembuktian diri kepada masyarakat untuk terus berkarya, mengabdikan dirinya membangun masyarakat.
“Buktikan dirimu, bahwa kita dan seluruh peserta Pertikabumi Nasional V 2013 ini dapat memberi sebuah konstribusi yang positif kepada masyarakat sekitarnya” ungkapan yang lantang dari Neni Nuraeni disampaikan saat acara Buka Adat Bhineka Tunggal Ika (BTI) yang diselenggarakan dalam rangka Pertikabumi Nasional 2013.
Kampak yang ditancapkan sebagai symbol kebulatan tekad kita untuk terus berkarya, berbakti dan mengabdi bagi nusa dan bangsa. Kampak yang ditancapkan juga sebagai saksi bahwa kita membulatkan diri untuk tetap rukun, hidup bersama secara berdampingan sebagai warga perkemahan yang pluralism.
Selaku Pembina Upacara Buka Adat BTI ini adalah Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Kepramukaan, Hatta Sy yang sudah tiba di Padang Sumatera Barat sejak Senin sore kemarin.
Selasa sore (25/6), Menteri Pertanian RI, Suswono akan membuka secara resmi Pertikabumi Nasional V 2013 di lapangan utama Bumi Perkemahan SMK-PP Negeri Padang. Hadir dalam acara tersebut Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof, Dr. H. Azrul Azwar, M.P.H, Para Pimpinan Kwarnas, Gubernur selaku Kamabida Gerakan Pramuka Sumatera Barat beserta jajarannya.
Hingga sore ini, telah terdaftar 1.198 orang, 843 merupakan peserta Pertikabumi Nasional V sedangkan sisanya adalah Pinkonda, Bindamping, Peninjau dan petugas pameran. HKN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar