Rabu, 26 Juni 2013

Hilangkan Stigma Negatif Mantan Pengguna Narkoba


447954_Untitled.png

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Anang Iskandar menetapkan Bulan Juni sebagai Bulan Keprihatinan Korban Narkoba. Selama Bulan Juni pula, Direktorat Pasca Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan Gerakan Pramuka menyelenggarakan empat kali seminar di empat kementerian yakni Kementerian Kesehatan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Seminar bertema “Sejauh Mana Kepeduian Kita Terhadap Mantan Penyelah Guna Narkoba” bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai permasalahan seputar mantan penyalah guna narkoba agar tetap dapat berinteraksi di tengah masyarakat.

Pada seminar perdananya pada Selasa (4/6) di Gedung Manggala Wanabhakti , Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, peserta seminar yang terdiri dari Pegawai Kementerian Kehutanan dan Anggota Gerakan Pramuka mendapat informasi dan wawasan baru seputar kegiatan mantan pengguna narkoba dengan kegiatan rehabilitasinya.

Seperti yang diungkap Direktur Pasca Rehabilitasi Deputi Bidang Rehabilitasi BNN, Drs. Suyono, MM.MBA yang mengatakan para mantan pengguna Narkoba binaan BNN telah mengikuti berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan di pulau yang merupakan salah satu upaya membangun kemandirian mantan pecandu Narkoba berbasis konservasi alam.

Dr. Kusman Suriakusumah, Sp.KJ., MPH. selaku Deputi Bidang Rehabilitasi BNN juga memberikan tips kepada peserta seminar saat bersama mantan pengguna narkoba. Terutama dalam hal komunikasi, mengingat Bapak Kusman ini merupakan Dokter Ahli Penyakit Jiwa yang memiliki kepiawaian dalam membaca bahasa tubuh seseorang.

Anggota Gerakan Pramuka diharapkan juga mampu menjadi pendamping bahkan dapat mengajak para mantan pengguna Narkoba bergabung dalam Gerakan Pramuka dan aktif mengikuti kegiatannya di Gugusdepan.

[Humas Kwarnas/Dd]
Foto : [Humas Kwarnas/Sis]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar