Rabu, 26 Juni 2013

Lubuk Minturun, Kota Padang Jadi Lokasi Pertikabumi Nasional V 2013


319655_1.jpg

Berwisata ke pemandian alam memang menjadi pilihan banyak warga Kota Padang dan sekitarnya. Barangkali konotasi tempat pemandian sembari menikmati keindahan alam sungguh mengasyikkan. Tak sulit mencari tempat pemandian alam di wilayah Sumbar. Khusus Kota Padang, ada tiga tempat wisata pemandian alam, yakni Lubukparaku, Lubuk Minturun atau Sarasah Sikayan Balumuik
Khusus untuk Lubuk Minturun, nama ini telah akrab ditelinga pencinta pemandian alam. Bahkan dari monumen yang ada di lokasi, tempat pemandian ini telah digunakan sejak tahun 1883. Ciri khas dari tempat pemandian ini adalah gemercik kesegaran yang tersuguh berdampingan dengan lori, transportasi kereta gantung peninggalan Belanda. Tak salah rasanya, menjelang puasa objek ini jadi pilihan.
Pemandian Lubuk Minurun ini berada sekitar 10 kilometer utara Kota Padang. Perjalanan menuju ke obyek itu dapat ditempuh dengan mobil atau motor. Kalau memakai angkutan umum, anda dapat memanfaatkan angkutan kota jurusan Tabing-Lubuk Minturun atau by pass Lubeg menuju batas kota dan turun di simpang Lubukminturun. Selanjutnya anda dapat naik ojek dengan ongkos sesuai kepandaian anda menawar.
Menjelang bulan Ramadhan, warga Kota Padang sering mengikuti balimau (tradisi masyarakat jelang masuk Ramadhan) pemandian ini adalah pilihan. Makanya tak usah heran jika pada hari libur lokasi ini menjadi pilihan liburan, baik keluarga atau pun anda yang senang dengan wisata petualangan.
Kini Lubuk Minturun diramaikan oleh anak-anak muda bangsa mengikuti kegiatan yang bertajuk Perkemahan Bakti Saka Pramuka Tarunabumi Tingkat Nasional Tahun 2013 atau disingkat Pertikabumi Nasional 2013.
Anak-anak muda pecinta pertanian dibawa binaan Saka Pramuka Tarunabumi yang menjadi peserta Pertikabumi Nasional ini akan melakukan berbagai kegiatan selama seminggu, 24-30 Juni 2013 di Bumi Perkemahan SKM-PP Negeri Padang, Jalan Pertanian Lubuk Minturun, Kota Padang.
Menteri Pertanian RI, Suswono dijadwalkan akan membuka Pertikabumi Nasional V 2013 pada tanggal 25 Juni 2013. Hadi dalam acara tersebut selain Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. Dr. H. Azrul Azwar, M.P.H beserta pimpinan Kwarnas lainnya, juga Gubernur selaku Ka.Mabida Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Ketua Kwarda beserta pengurusnya.
Hingga Senin sore (24/6) menurut laporan dari Dra. Sri Tegowati, Anggota Tim Asistensi dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sudah 976 orang yang telah mendaftar dan sudah masuk ke bumi perkemahan. HKN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar