Senin, 11 Februari 2013

Danlanal Dumai Lepas 25 Kontingen Saka Bahari Ikuti Lingkar Nusantara II


988908_Danlanal Dumai Lepas 25 Kontingen Saka Bahari Ikuti Lingkar Nusantara II.jpg

Riauterkini-DUMAI- Komandan Pangkalan Angkatakan Laut (Danlanal) Dumai secara resmi melepas 25 kontingen Saka Bahari untuk mengikuti Perlayaran Lingkar Nusantara II dan Perkemahan Temu Ramah Saka Bahari Nasional tahun 2013 yang dilaksanakan di Lombok Timur pada tanggal 11 Februari hingga 4 Maret 2013.
Selain melepas 25 Kontingen Saka Bahari, kegiatan yang dilaksanakan akhir pekan ini juga ditandai penyerahan bendera Saka Bahari kepada ketua pendamping kontingen yakni, Usman Hadi dan penyematan PIN yang dilaksanakan di Aula Kantor Danlanal Dumai Jalan Yosoedarso.

Turut hadir dalam cara tersebut, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Dumai, H. Amiruddin, Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai, Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara, dan sejumlah kepala sekolah SMU/SMK yang ada di Kota Dumai.

Pada kesempatan itu, Ketua Majelis Pembina (Kamabi) Saka Bahari, Kolonel Laut (P) Budi Purwanto menyebutkan, jumlah peserta yang akan diberangkatankan untuk mengikuti Perlayaran Lingkar Nusantara II ini sebanyak 25 orang yang terdiri18 orang dari tingkat Penegak dan 7 orang Pembina pendamping.

"25 anggota Saka Bahari ini kita berangkatkan menuju Pekanbaru dan langsung diterbangkan melalui Bandara Sultan Syarif Kasim menuju Lombok Timur guna mengikuti kegiatan Lingkar Nusantara II dan perkemahan," ungkap Danlanal Dumai saat memberikan keterangan persnya.

Menurut Budi Purwanto, Pelayaran Lingkar Nusantara II ini merupakan program Kwartir Gerakan Pramuka Satuan Karya Bahari dibawah pimpinan Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Markas Besar TNI Angkatan Laut. Karena, kata dia, kegiatan pelayaran ini merupakan pelayaran kebangsaan dan perkemahan temu Saka Bahari tingkat Nasional, untuk membangun karakter bahari generasi muda, mewujudkan semangat kebangsaan dalam rangka mempertahankan NKRI.

"Secara khusus tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan pulau Lombok sebagai bagian dari NKRI kepada generasi muda. Memberi pengalaman adanya saling ketergantungan, pelestarian lingkunagn dan menanamkan rasa tanggungjawab. Sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah, Meningkatatkan kesadaran bela Negara dan cinta tanah air, Meningkatkan pemahaman pentingnya menjaga dan mengamankan laut, Meningkatkan pemahaman potensi sumber daya pulau Lombok sebagai bagian dari NKRI, Meningkatkan kesadaran dalam menjaga dan melestarikan lingkungan Maritim
dan Meingkatkan kesadaran tentang NKRI sebagai Negara bahari,” paparnya.

Dijelaskan Budi Purwanto, Perlayaran ini rencana dilaksanakan dengan KRI jenis Landing Platfrom Dock (LPD) dengan rute, dari Tanjung priok menuju Tegal-Surabaya-Benoa-Nusa Penida dan berakhir di Lombok Timur. Di Limbok Timur para
peserta akan mengadakan kegiatan perkemahan temu Saka bahari, Bakti Sosial dan kegiatan lainnya. Selesai kegiatan di Lombok Timur akan kembali dengan rute, Lombok Timur- Nusa Penida- Benoa- Surabaya-Tegal dan berakhir di Tanjung Priok.


Lama pelayaran lebih kurang 22 hari dari tanggal 11 Februari hingga tanggal 4 Maret 2013.

Pada kesempatan ini, Ketua Kamabi Saka Bahari mengharapkan kepada peserta yang akan mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara II agar tidak menjadikan pelayaran ini, pelayaran yang mengasyikkan atau seremonial belaka. Tetapi, ambil hikmah dari kegiatan yang akan dilaksanakan, baik selama dalam pelayaran di atas kapal maupun disaat perkemahan nanti.

“Jadikan ini pengalaman yang sangat berharga, jalin persatuan dan kesatuan antar sesama generasi muda, tumbuh dan kembangkan rasa cinta tanah air sebagai generasi yang siap berdiri dibaris terdepan sebagai calon pemimpin bangsa masa depan,”pinta Budi Purwanto.

"Peserta Saka Bahari Dumai merupakan wakil Provinsi Riau. Untuk itu tunjukkan kalau Saka Bahari Riau dapat menampilkan yang baik dalam kegiatan setara nasional ini," pungkas Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kota Dumai, Kolonel Laut (P) Budi Purwanto ST.

Kemudian Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Dumai, H. Amiruddin juga menyampaikan harapan serupa seperti yang telah disampaikan Ketua majelis Pembina Saka Bahari. Selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kota Dumai, kata Amiruddin, dirinya minta kepada adik-adik Saka Bahari yang telah mendapat kesempatan mengikuti Perlayanaran Lingkar Nusantara II, agar menjadikan pengalaman yang sangat berharga dan ambil hikmah dari semua kegiatan yang akan dilaksanakan.

"Jaga nama baik gerakan Pramuka Provinsi Riau khususnya Pramuka Saka Bahari kota Dumai selaku wakil Riau dalam kegiatan ini, baik selama dalam kegiatan pelayaran maupun disaat perkemahan nanti di Lombok Timur nanti," pesan Ketua Kwarcab Dumai saat melepas 25 peserta Kontingen Saka Bahari yang mengikuti iven skala nasional dan juga mewakili Provinsi Riau di Lingkar Nusantara II. [Sumber Berita : http://www.riauterkini.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar