One Piece Going Merry

Kamis, 28 Februari 2013

Launching Galang the Scout, Novel Pertama Bertemakan Pramuka

Mungkin untuk beberapa anggota Pramuka, pengalaman saat Penggalang merupakan pengalaman yang sangat menarik untuk diceritakan, mulai dari dinamika regu sampai pengalaman menyenangkan dan menyedihkan yang dialami bersama-sama.
Itu pula yang terjadi pada Kak Agustina atau yang biasa dipanggil Kak Tina. Kak Tina yang merupakan alumni Gugusdepan Surabaya 610 ini menuangkan cerita saat masa Penggalangnya dulu ke dalam sebuah novel miliknya yang diberi judul “Galang the Scout”.

Pada tanggal 3 Agustus 2012 kemarin, bersamaan dengan berlangsungnya Jota-Joti Asia Pasific, Kak Tina resmi melaunching novel miliknya yang bernuansa Pramuka di selasar Kwartir Daerah Jawa Timur. Beliau mulai menulis saat bergabung dengan forum IIDN atau Ibu-Ibu Doyan Nulis, forum yang berisikan ibu-ibu dan remaja putri yang memilik kegemaran menulis. Kak Tina mengungkapkan bahwa proses pembuatan novel ini memakan waktu selama 6 tahun, dikarenakan Kak Tina sibuk sebagai guru dan pastinya seorang ibu rumah tangga. Acara launching sendiri pun dikemas secara sederhana namun tetap meriah karena kedatangan tamu undangan yang berasal dari beberapa adik Penggalang, teman-teman kak Tina di IIDN dan beberapa kakak T/D dari Gudep Perti Surabaya. Acara ini juga diisi dengan penampilan Kak Singgih Setyo Sayogo dan Kak Mifta Khoiriyah yang membacakan puisi sekaligus panelis novel serta penampilan suara indah dari kakak-kakak T/D yang hadir, tak lupa juga ada pembagian doorprice untuk para tamu.

Novel yang memiliki 27 sub cerita ini, menceritakan bagaimana kehidupan Pramuka Penggalang yang menyenangkan, persahabatan sampai bagaimana seorang Pramuka Penggalang mulai jatuh cinta. Novel ini memiliki nilai tersirat yang sangat banyak karena nilai-nilai Dasa Dharmapun ada di dalam novel sehingga novel ini sangat disarankan untuk dibaca khususnya oleh anggota Pramuka. Selain karena nilai-nilai yang tersirat di dalamnya, kita juga bisa bernostalgia akan masa-masa Penggalang yang penuh warna, kearogansian dan kesenangan. Kak Tina mengungkapkan pula bahwa novel yang beliau tulis sebagian besar adalah pengalaman pribadi Kak Tina sendiri selama menjadi Penggalang yang dulu sempat mengikuti Lomba Tingkat (LT).
Kak Tina berpesan semoga akan muncul lagi novel-novel tentang Pramuka yang mejeng di toko buku, jangan novel yang bertemakan tentang percintaan saja. Kak Tina yang seorang sarjana teknik saja bisa menulis pengalamannya secara menarik sehingga membuahkan sebuah novel, maka tentunya kita juga dapat melakukan hal yang sama seperti Kak Tina.

Novel mungkin sesuatu yang baru dirilis di dunia Pramuka dan mungkin merupakan awal rebranding Pramuka yang sedang digembar-gemborkan pada saat ini. Semoga bukan hanya novel saja yang lahir tapi juga ide-ide lain yang bisa membuat pramuka lebih apik lagi dan tidak terkesan kuno.
Pramuka Jatim Bisa!!

Yuuuk!!!! Nonton Bareng Film HASDUK BERPOLA


129508_Baliho-12x6m-preview.JPG

Sinopsis Film Hasduk Berpola
Hasduk Berpola Masnun adalah veteran perang kemerdekaan Indonesia dan mantan pejuang'45 yang sering dielu-elukan sebagai pahlawan dan terkenal sebagai saksi hidup peristiwa penyobekan bendera di Surabaya.
Namun sayangnya kehidupan pria renta ini sungguh sangat ironis, ia hidup terlunta-lunta di kota Surabaya, yang konon terkenal sebagai kota pahlawan. Bersama anaknya, Rahayu, janda beranak 2 (Budi dan Bening), Masnun pun akhirnya menyerah, dan memilih pindah ke kota asalnya, Bojonegoro. Berharap kehidupannya bisa membaik. Namun apa daya, kehidupan Masnun justru semakin terpuruk.
Sang cucu, Budi (12 thn), tertantang untuk mengalahkan rivalnya, Kemal, yang aktif di kegiatan Pramuka. Untuk itu ia juga berusaha untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tapi sayangnya karena kondisi keuangan keluarga tidak memungkinkan, Budi tidak bisa membeli semua perlengkapan kepramukaan. Film ini menceritakan bagaimana Budi berjuang memenuhi kewajibannya, hingga akhirnya membuat iba Bening (10 thn) adiknya yang rela mengorbankan seprei kesayangannya demi dibuat hasduk untuk kakaknya.
Film yang sangat sederhana namun penuh pesan-pesan moral dan kebangsaan ini ditutup dengan adegan yang sangat menggetarkan sisi nasionalisme bangsa Indonesia. Saksikan kisahnya dalam _Hasduk Berpola_, segera di bioskop-bioskop kesayangan

Minggu, 24 Februari 2013

LOSIPRAM XV








Administrasi LOSIPRAM

 http://pramuka.ub.ac.id/wrp-con/uploads/2013/02/Undangan-LOSIPRAM-XV1.pdf

 http://pramuka.ub.ac.id/wrp-con/uploads/2013/02/JUKLAK-JUKNIS-LOSIPRAM3.pdf

Senin, 18 Februari 2013

Asean Rovermoot 2013, Apa kabarmu ?

Hari ini Kwarda Jatim menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan Asian Rovermoot yang sedianya dilaksanakan tahun 2013. agenda hari ini adalah presentasi hasil survey ke Lebakharjo. Sekalian untuk  membahas rencana aktifitas yang disusun oleh Pokja.
Di awal rapat disampaikan oleh Kak Singgih tentang perkembangan kondisi terakhir. Disampaikan oleh beliau, berkenaan dengan kondisi Jawa Timur yang melaksanakan Pilkada pada tahun ini, maka tidak diijinkan untuk membuat kegiatan tingkat Nasional, apalagi untuk internasional.
Maka disampaikan pula oleh Waka Kwarda bidang Pembinan Anggota Muda ini bahwa kegiatan akan tetap dilaksanakan, dengan penyesuaian bahwa levelnya menjadi Kegiatan Daerah Jawa Timur.
Setelah info disampaikan presentasi hasil survey, baik yang berkaitan dengan kegiatan maupun berkaitan dengan sarana pendukung. Selanjutnya dilakukan diskusi

Peserta Pelantara II/2013 Sampai di Pelabuhan Lotim

435303_lombok.jpg

Lombok (17/2), minggu pukul 10.00 wita KRI Surabaya 591 yang membawa Kontingen Pelantara II/2013 akhirnya lego jangkar di perairan laut Lombok Timur karena tidak dapat merapat di pelabuhan Lotim, sebanyak 751 orang peserta bergerak dengan menggunakan 5 unit Landing Craft (Kapal pendarat pasukan) menuju Bumi Perkemahan Pramuka Desa Rambang, Pelabuhan Labuhan Haji, Lombok Timur.
Mereka akan berkemah selam 5 (lima) hari. Direncanakan besok Bapak Gubernur NTB akan membuka kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara II dan Temu Saka Bahari Tingat Nasional 2012. Tampak aktifitas peserta mendirikan tenda dan kesiapan panitia berbenah dengan sarana dan prasarananya.
(Teks & foto: humaskwarnas/Sis HKN).

KRI Surabaya 591 Tiba di Pelabuhan Beno, Bali


537903_bali 3.jpg

Bali (15/2), Kedatangan Satgas Pelantara II/2013 di Pelabuhan Benoa, Bali disambut oleh Kak  Wija selaku Ka Kwarda Gerakan Pramuka Bali dan Pengurus Saka Bahari Bali dengan diiringi tarian Panjam Brahma. Peserta dari Kwarda Bali sebanyak 60 orang yang terdiri, Pinkonda dan Bindamping akan bergabung dengan peserta yang sudah mengikuti pelayaran dari Jakarta, Tegal dan Surabaya.
Selanjutnya, Ka Kwarda, memberikan sambutan dan pembekalan kepada peserta Pelantara II di KRI Surabaya 591.
( Teks & Foto: Humaskwarnas/Sis HKN )

Direktur World Scout Foundation Menyatakan Harris Nizam sebagai Duta Perdamaian


170688_IMG_0960.jpg

John Geogeghan, Direktur World Scout Foundation mengalungkan Scraft Messengers of Peace sebagai tanda peryataannya bahwa Harris layak sebagai Duta Perdamaian/Messengers Of Peace Indonesia.
Sejatinya seorang Pramuka adalah Duta Perdamaian/Messenger of Peace. Messenger of Peace merupakan Program yang duluncurkan World Scout Foundation.

Pada Gerakan Pramuka, Messengers of Peace dikenal sebagai Program MoP Indonesia dengan mengimbau kepada setiap Kwartir Daerah untuk menyampaikan proposal kegiatan kepada Kwartir Nasional sebuah kegiatan yang menginspirasi dan berdampak untuk perbaikan dunia.

Sampai saat ini tengah bergulir program MoP Indonesia di Tujuh Kwarda, diantaranya Kwarda Jawa Barat, Kwarda DKI Jakarta, Kwarda Jawa Timur, dan Kwarda Sumatera Barat. Di Kwarda Sumatera Barat kegiatan MoP yang diaplikasikan adalah membuat bordir khas Sumbar yang diajakarkan oleh para pengarjin kepada Anggota Gerakan Pramuka.

Keterampilan tersebut sebagai bekal agar seorang anggota Gerakan Pramuka mampu menginspirasi kaum muda lainnya dan menjadi bagian dari Duta Perdamaian/Messengers of Peace.

Kwarnas Gerakan Pramuka melalui Kak Sri Gusni Febriasari selaku Program Manager MoP Indonesia tak henti-hentinya selalu mengkampanyekan dan mengimbau setiap Pramuka untuk menjadi Duta Perdamaian melalui apapun yang dilakukan demi perubahan dIndonesia dan dunia yang lebih baik.

Khusus untuk Kak Harris Nizam (Sutradara Film) yang pada Sabtu (16/2) dinyatakan sebagai Duta Perdamaian/Messengers of Peace karena beliau sangat menginspirasi kaum muda Indonesia, maka dapat dikategorikan sebagai Duta Perdamaian juga.

Bertepatan dengan kedatangan John, Geogeghan, Direktur World Scout Foundation ke Jakarta beberapa waktu lalu, Kak Harris berkesempatan memperlihatkan upaya dan kerjakerasnya selama ini melalui sebuah karya film di depan John.

Jadilah melalui upacara kecil yang dihadiri Pramuka Penggalang dari Gudep yang berpangkalan di SMP 48 Jakarta Selatan dan SMP 76 Jakarta Pusat, John dengan bangga menyatakan Kak Hariis sebagai salah satu anak muda yang menginspirasi dan layak menjadi Duta Perdamaian.

Semua anggota Gerakan Pramuka pasti bisa menjadi Duta Perdamaian, tipsnya menurut Sutaradara Film “Surat Kecil Untuk Tuhan” (Film Terlalir Tahun 2011) dan “Hasduk Berpola” (tayang perdana 21 Maret 2013) adalah dengan selalu "Berusaha untuk tulus, berusaha untuk Jujur apa pun yang kita kerjakan maka walaupun yang kita lakukan itu kecil tapi efeknya akan terlihat dan menjadi besar,"

[Humas Kwarnas/Dd]
Foto: Dok Humas Kwarnas/Hafiez Achmad

Sabtu, 16 Februari 2013

Pramuka Kalsel Gelar Rakerda


760780_Pramuka Kalsel Gelar Rakerda.jpg

KALIMANTAN  - Selasa (12/2), Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pramuka Kalsel merupakan suatu wahana kegiatan di tingkat kwartir dengan tujuan merumuskan segala bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu tahun mendatang. Untuk itu, dalam Rakerda yang digelar di Gedung Pramuka Banjarmasin, mereka merumuskan banyak hal.

Diantaranya evaluasi program kerja 2012, pengesahan program kerja 2013, menyerap masukan dan aspirasi dari Kwartir Cabang (Kwarcab) tiap–tiap kabupaten/kota guna menghadapi Munas tahun ini. Demikian pernyataan yang disampaikan Rosehan NB, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalsel yang disaksikan pula oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Banjar Mawardi Abbas dan Mabicab Kabupaten Banjar yang diwakili Gusti Haris Fadillah, dan puluhan anggota Kwarcab kabupaten/kota lainnya di Kalsel. Mereka terdiri dari unsur Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Ketua Kwartir Cabang, Sekretaris Kwarcab, Andalan Kwarcab, dan Dewan Kerja Kwarcab.
Sebelum Rakerda ini, kata Rosehan, Dewan Kerja Daerah (DKD) beserta Dewan Kerja Cabang (DKC) kabupaten/kota telah melaksanakan Sidang Paripurna Daerah (Sidparda) yang bertujuan merencanakan kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega di tahun 2013. Dengan dilaksanakannya rakerda, Rosehan berharap kegiatan pramuka akan lebih baik dan dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah generasi muda dan menjadi salah satu wadah pendidikan pembentukan karakter bangsa.

Pada kesempatan ini Rosehan pun mengingatkan bahwa kegiatan pramuka sampai bagian terkecil hingga ke tingkat anak didik di gugus depan (Gudep) dalam berdarma bakti agar selalu terus meningkatkan jiwa sosialnya  dan bertanggung jawab kepada masyarakat. Menutup pembukaan rakerda, Rosehan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah termasuk jajaran bupati/walikota atas jalinan kerjasamanya dalam membantu kegiatan Pramuka selama ini di Kalimantan Selatan. [Sumber Berita :  http://www.kalimantanview.com]

Cintanya Pada Pramuka Menghantarkan Menjadi Panglima


192975_pelantara II di surabaya.jpg

Surabaya (14/2), Ketika narasumber memperkenalkan diri kepada peserta Pelantara II/2013 bernama Kak Agung Pramono. Mengaku dulu pernah menjadi anggota Pramuka. Sebelum memberikan materi pembekalan menayangkan slide foto tempo dulu sewaktu dirinya menjadi anggota Pramuka.
Sejak SMP Ia aktif menjadi Pramuka Penggalang sampai tingkat terap, belasan tanda kecakapan khusus terpasang diselempang TKK terlihat gagah memang. Menginjak usia dewasa meneruskan ke SMA dan aktif dikegiatan Saka Bakti Husada. Pernah juga menjadi Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Malang. Bahkan ikut menjadi peserta Raimuna III pada tahun 1978 di Karang kates, Malang, Jawa Timur.
Mendapat tugas membacakan teks Dasa Darma Pramuka di hadapan Presiden RI Soeharto (Alm). Sekarang Kak Agung Pramono telah menjadi orang nomor satu di jajaran TNI Angkatan Laut Jawa Timur. Jabatan yang diembannya Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Panglima Koarmatim) berpangkat Laksamana Muda TNI.
Karena cintanya pada Pramuka, sekarang masih tetap eksis dengan dibuktikannya menjadi Dewan Pembina Pramuka Saka Bahari Jawa Timur. Kak Agung Pramono diundang panitia untuk memberikan pembekalan kepada peserta Pelantara II/ 2013 dengan tema “ Potensi Sumber Daya Bahari dalam Pembangunan Negara Maritim” di KRI Surabaya 591 yang sedang berlabuh di dermaga Koarmatim, Surabaya kemarin.
Pembekalan penting yang disampaikan antara lain:
Pertama, Indonesia disebut juga negara yang memiliki laut paling luas dikawasan ASEAN. Juga merupakan negara kepulauan terbesar dan negara yang terposisikan pada silang yang sangat strategis, baik untuk barat dan timur, utara dan selatan. Dilihat dari sisi politik maupun ekonomis, dan seterusnya sangat strategis;
Kedua, Sumber daya yang demikian melimpah ruah merupakan anugerah Tuhan diberikan kepada bangsa Indonesia yang salah satunya Gerakan Pramuka. Mengapa ini kita galakan, karena kita sedang membangun kembali semangat kejuangan melalui adik-adik generasi muda khususnya untuk pelantara ini melalui jiwa kebaharian;
Ketiga, Banyak program pelayaran diadakan oleh angkatan laut semua berorientasi untuk membangun kembali kecintaan generasi muda terhadap bangsanya. Hal ini dilakukan seiring dengan maraknya pengaruh globalisasi yang tentu kita tidak bisa menahan, membatasi bahkan mengendalikan. Apabila sejarah pribadi kita tidak dibekali nilai-nilai luhur bangsa ini, yang tentu saat ini sudah menurun. Oleh karena itu program ini salah satu langkah untuk membekali adik-adik;
Keempat, Kekayaan laut yang melimpah ini menjadi tantangan bagi kita agar mampu mengeksplorasikan untuk kepentingan kesejahteraan bangsa dan negara tapi juga dapat mengamankannya supaya tidak diambil orang. Artinya fungsi Angkatan Laut harus menjaga sumber daya isi perut bumi dan laut ini. 
[Text & foto: humaskwarnas/Sis HKN]

Kamis, 14 Februari 2013

Perkemahan Saka Dirgantara


815038_Perkemahan Saka Dirgantara Pribadi Bangsaku.jpg

LANUD SURYADARMA (12/2) - Perkemahan Pramuka Saka Dirgantara "Pribadi Bangsaku" di Pangkalan TNI AU Suryadarma, Sabtu-Minggu (9-10/2), dibuka Kadisops Letkol Pnb Daan Sulfi, diikuti Pramuka Penegak se-wilayah Kabupaten Purwakarta, Subang, dan Karawang.

Dalam sambutan tertulis Komandan Lanud Suryadarma, Kolonel Pnb Eding Sungkana yang dibacakan Kadisops mengatakan, kegiatan Pramuka ini dimaksudkan untuk pembinaan terhadap generasi muda atau tingkat SLTA sederajat se-Kabupaten Purwakarta, Subang, dan Karawang.

Pada kesempatan ini, atas nama Ka Mabi Saka Dirgantara Lanud Suryadarma mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan bekerjasama dalam mengadakan perkemahan Pramuka Saka Dirgantara. "Semoga kegiatan ini akan lebih meningkatkan kebersamaan dan mempererat hubungan silaturrahim terutama anggota Pramuka Saka Dirgantara yang berada di wilayah Kabupaten Subang dan sekitarnya," ungkap Danlanud Suryadarma. Dikatakan sudah merupakan kelaziman dalam perkemahan ini diadakan permainan dan perlombaan seputar kegiatan Pramuka antara lain lomba Peraturan Baris Berbaris, Lomba Browsing Internet materi kedirgantaraan, Wide Games, Pengenalan Saka Dirgantara, Lintas Alam dan juga diisi dengan kegiatan keagamaan serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Pejabat Lanud Suryadarma dan Pembina pramuka. Diakhir perkemahan, Kapten Tek Jatmiko, Ketua Pelaksana Perkemahan melantik Pramuka Laksana dan Bantara.[Sumber Berita : http://www.tni.mil.id/]

Kunjungan John Geoghan


233556_Audit .jpg

John Geoghan kembali kunjungi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada Rabu (13/2). Kali ini Geoghan datang bersama Robert Jourdain yang pada Bulan September 2012 lalu telah melakukan audit untuk menyamakan sistem kepengurusan organisasi kepramukaan di seluruh dunia oleh World Scout Berau. Ketangan dua tamu dari luar negeri itu didampingi Kak Rusdi dari Kementerian Luar Negeri RI yang sempat menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Swedia.

[Humas Kwarnas/Dd]
Foto : Humas Kwarnas/Hd

Pramuka dukung film Hasduk Berpola


276738_Haspol.jpg

Kak Azrul Azwar selaku Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka bertempat di Ruang Data Gedung Kwarnas, pada Rabu (13/2) mendatangani surat perjanjian Kerjasama dengan PT Stromotion tentang Promosi dan Pemasaran Film Hasduk Berpola.

Film yang akan tayang perdana pada 21 Maret 2013 di Bioskop 21 Seluruh Indonesia ini mengisahkan seorang anak bernama Budi yang membuktikan kecintaannya kepada sang Kakek. Kisah heroik ini dibungkus dengan sentuhan rasa nasionalisme yang kuat diramu dengan nilai-nilai kepramukaan.

Film karya Harris Nizam, sutradara berbakat yang sebelumnya sukses menyutradari Film "Surat Kecil untuk Tuhan" ini, menggambarkan kegiatan kepramukaan di Kwarda Jawa Timur, khususnya diwilayah Bojonegoro.

[Humas Kwarnas/Dd]

Wakasal Minta Pramuka Saka Bahari Aktif Pertahankan NKRI


409367_pelepasan Pelantara II 2013.jpg

“Besar harapan saya kepada seluruh peserta PELANTARA II, dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari program ini  agar nantinya terbentuk generasi muda yang memiliki kecakapan hidup dan mampu berperan aktif sebagai kader bangsa, dalam mempertahan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mampu membangun Bangsa Khususnya di bidang kelautan” Hal disampaikan Wakasal Laksamana Madya TNI Hari Bowo, S.E., MSc, saat memberikan sambutan pada acara pelepasan Pelayaran Lingkar Nusantara II /2013, Senin, 11 Pebruari di Kolinlamil, Jakarta.
Hadir pada acara pembukaan Waka Kwarnas, Amoroso Katamsi, Sesjen Kwarnas, Joedyaningsih dan Kak Raka, Asdep Kepanduan serta Asisten dan Kepala Dinas dalam jajaran Mabes AL.  
Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 28 Pebruari ini diikuti oleh kurang lebih 770 anggota Pramuka Penegak dan Pandega Saka Bahari serta mengundang beberapa perwakilan Saka dan Perwakilan Genenerasi Muda Insan Bahari Indonesia (GM IBI). Dengan menggunakan KRI Surabaya 591  akan mengambil rute Jakarta, Tegal,  Surabaya, Benoa, berakhir di Labuhan Haji Lombok Timur, NTB sebagai tempat diselenggarakan   Perkemahan Temu Saka Bahari Tingkat Nasional.
Selama dalam perjalan dikapal peserta akan diberikan materi  dan  ceramah pembekalan antara lain:   Kebaharian,   bela negara dan pengenalan Kapal KRI 591. Kemudian setelah mendarat akan melaksanakan  kegiatan Bakti Sosial yaitu  penanaman mangrove, kelapa pantai, pohon cemara,  pohon mahoni, renovasi mushola,  MCK dan pemberian sembako serta kunjungan wisata di Bali dan Lotim NTB.
Diselenggarakannya kegiatan ini adalah  upaya pemberdayaan sumber daya manusia generasi muda  khususnya Pramuka Saka Bahari  sebagai salah satu komponen bangsa untuk mendukung TNI AL dalam kegiatan pertahanan negara di bidang kemaritiman.
[Text & Foto: Humas Kwarnas/Sis]

Pembekalan Peserta Pelantara II/2013 Di KRI Surabaya 591


352895_pelantara 2.jpg

Selama perjalanannya di kapal KRI Surabaya 591, peserta menerima pembekalan dan ceramah antaralain: Pembekalan satgas dari Dansatgas dan staf, ceramah interpreneur dan motivasi, ceramah KPK di KRI, pembekalan bahaya narkotika, Pembekalan PKBN, PengenalanPDD KRI, Pembekalan HLI , Pembekalan Mitigasi Bencana, Hiburan  dan  ibadah.
[Text & Foto: HumasKwarnas/Sis HKN]

Aktifitas Peserta Pelantara II Di Kota Tegal


358278_pelantara II 2013 di Kota Tegal.jpg

Tegal (12/2), Setelah 20 jam perjalanan   dari Pelabuhan Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta, kapal KRI Surabaya 591 yang membawa lebih kurang 481 peserta terdiri dari anggota Pramuka Penegak & Pandega putra/putri dan Generasi Muda  Insan  Bahari Indonesia ( GM IBI ), Satgas Pelantara II  akhirnya tiba di perairan Kota Bahari ( Tegal) pada pukul 05.00 wib dan lego jangkar. Seluruh peserta Pelantara II/2013 turun menyebarang ke daratan pelabuhan Kota Tegal   dengan menggunakan kapal  LCU (Landing Craf Utility). Kedatangannya disambut oleh Dan Lanal Tegal Letkol (P) Joko Triono dan Jajarannya.
Agenda kegiatan di kota Tegal antara lain jumpa tokoh dengan Walikota Tegal H. Ikmal Jaya, SE, AK, donor darah, penanaman pohon pinus laut dan mangrove di pantai Alam Indah.  Setelah selesai kegiatan,  peserta Pelantara II kembali ke kapal KRI 591. Peserta dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sebanyak 52 orang ikut bergabung dengan peserta dari Jakarta,  kemudian melanjutkan perjalanannya menuju  Pelabuhan Tanjung Perak untuk embarkasi peserta dari wilayah timur.
[Text & Foto: HumasKwarnas/Sis HKN]

Selasa, 12 Februari 2013

Penandatanganan MoU Antara Satker Pusat Promkes dan Pramuka



938750_GAVI.jpg

Kak Azrul Azwar selaku Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka kembali menandatangani naskah kerjasama. Kali ini kerjasama berupa kegiatan Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam hal ini khusus untuk kegiatan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI) Civil Society Organization (CSO).

Surat Kerjasama bernomor BN.01.02/3/378/2013 tertanggal 4 Februari 2013. ditandatangani bersama antara dr Yunita Arihandayani selaku Pejabat Pembuat Komitmen Hibah Luar Negeri DIPA dengan Kak Azrul Azwar, Ketua Kwarnas ini menjadi salah satu dasar kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dalam mensosialisasikan pentingnya Imunisasi bagi balita dan kegiatan kemasyarakatan yang berkaitan dengan kesehatan lainnya.

[Humas Kwarnas/Dd]
Foto :Dok. Humas Kwarnas

Senin, 11 Februari 2013

Wabup Lepas Kontingen Pelayaran Lintas Nusantara


958971_Sidoarjo.jpg

SIDOARJO - Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto, Jum’at (8/2/2013) melepas sedikitnya delapan anggota Saka Bahari Kwarcab Pramuka Sidoarjo,untuk mengikuti giat pelayaran Lintas Nusantara yang digelar Komando Armada Timur TNI AL Surabaya.
Ke delapan peserta ini, akan mengikuti rute lintas nusantara selama 14 hari menuju Indonesia Timur tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk bergabung bersama ratusan kontingen dari seluruh Indonesia.
Dalam sambutan pelepasannya, Wabup mengharapkan seluruh anggota Saka bahari yang dikirim ini, bisa selalu kompak dan menjaga kesehatan selama kegiatan berlangsung.
“Kekompakan ini menjadi hal utama untuk suksesnya kegiatan ini, dan kita harapkan bisa mengharumkan nama Sidoarjo bahkan Jawa Timur, dalam program lintas nusantara ini,” terang Wabup.
Dari data yang ada, seluruh kontingen dari Jawa Timur, akan merapat ke Armatim untuk menunggu kedatangan kontingen dari Armabar.
Sedangkan untuk rute perjalanan dari kontingen Armabar, diawali melintasi Jakarta ke Tegal dimana cikal bakal TNI AL berada, untuk selanjutnya menuju Surabaya dan bersama sama kontingen Jawa Timur menuju NTT.
Sementara itu Sersan Mayor (Serma) Muhadi selaku Pembina pendamping kontingen Jawa Timur yang hadir saat pelepasanmenegaskan, Untuk jumlah kontingan dari Jawa Timur ada sekitar 50 personil yang dilibatkan dalam lintas nusantara ini.
Sedangkan untuk rombongan kontingen yang siap di Armatim, ada sekitar 12 propinsi kecuali dari Lombok dan NTT.
“Karena tujuan kita nanti ke Lombok, kontingen Lombok siap di sana,” tutur Muhjadi.
Selama perjalanan, seluruh peserta lintas Nusantara ini akan diberi materi sepiutar hukum laut, matra laut serta teknik cara berlayar.
“Seluruh materi ini akan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan, Menteri Hukum dan HAM, serta panglima TNI juga diagendakan memberikan materi,” terang Muhadi.
Saat berada di Lombok nanti, peserta juga akan melakukan kegiatan sosial berupa penanaman mangrove dan melakukan kerja bhakti sosial. [Sumber Berita : http://kabarsidoarjo.com]

Pramuka Hadiri Deklarasi Pemuda Anti Narkoba


420998_DSC_0431.JPG

(9/2) Jakarta, Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) gelar “Deklarasi Pemuda Anti Narkoba”  di halaman kantor kementrian Pemuda dan Olah raga (Menpora). Turut  hadir dalam acara ini antara lain Menpora  Bapak Roy Suryo dan Ibu Ismarindayani Priyanti,  Kepala BNN Bapak Anang Iskandar, Seskemenpora, para pejabat eselon I, II, III dan IV, serta para karyawan Kemenpora, komunitas olahraga dan organisasi kepemudaan, Pramuka, nampak juga artis senior Maya Rumantir, Pong Harjatmo, Krisna Mukti dan Donny Kusuma.
Pada acara tersebut yang hadir mewakili Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Evi Sudarmadi dan Kak Sofiati Aswin (Andalan Nasional) dan 40 anggota pramuka Penegak dan Pandega Dewan Kerja Daerah (DKD) DKI Jakarta.
Pada puncak acara Deklarasi Pemuda Anti Narkoba dibentangkan spanduk dari atas gedung Menpora sepanjang  13 x 20 meter. Pembentangan spanduk ini dilakukan langsung oleh Bapak Menpora bersama tim Kopassus TNI AD dan Wanadri. Diakhir kegiatan dilakukan penandatangan MoU Anti Narkoba antara Menpora dan BNN (Hd)
(sumber berita: Humas Kwarnas/Hd)

Danlanal Dumai Lepas 25 Kontingen Saka Bahari Ikuti Lingkar Nusantara II


988908_Danlanal Dumai Lepas 25 Kontingen Saka Bahari Ikuti Lingkar Nusantara II.jpg

Riauterkini-DUMAI- Komandan Pangkalan Angkatakan Laut (Danlanal) Dumai secara resmi melepas 25 kontingen Saka Bahari untuk mengikuti Perlayaran Lingkar Nusantara II dan Perkemahan Temu Ramah Saka Bahari Nasional tahun 2013 yang dilaksanakan di Lombok Timur pada tanggal 11 Februari hingga 4 Maret 2013.
Selain melepas 25 Kontingen Saka Bahari, kegiatan yang dilaksanakan akhir pekan ini juga ditandai penyerahan bendera Saka Bahari kepada ketua pendamping kontingen yakni, Usman Hadi dan penyematan PIN yang dilaksanakan di Aula Kantor Danlanal Dumai Jalan Yosoedarso.

Turut hadir dalam cara tersebut, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Dumai, H. Amiruddin, Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai, Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara, dan sejumlah kepala sekolah SMU/SMK yang ada di Kota Dumai.

Pada kesempatan itu, Ketua Majelis Pembina (Kamabi) Saka Bahari, Kolonel Laut (P) Budi Purwanto menyebutkan, jumlah peserta yang akan diberangkatankan untuk mengikuti Perlayaran Lingkar Nusantara II ini sebanyak 25 orang yang terdiri18 orang dari tingkat Penegak dan 7 orang Pembina pendamping.

"25 anggota Saka Bahari ini kita berangkatkan menuju Pekanbaru dan langsung diterbangkan melalui Bandara Sultan Syarif Kasim menuju Lombok Timur guna mengikuti kegiatan Lingkar Nusantara II dan perkemahan," ungkap Danlanal Dumai saat memberikan keterangan persnya.

Menurut Budi Purwanto, Pelayaran Lingkar Nusantara II ini merupakan program Kwartir Gerakan Pramuka Satuan Karya Bahari dibawah pimpinan Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Markas Besar TNI Angkatan Laut. Karena, kata dia, kegiatan pelayaran ini merupakan pelayaran kebangsaan dan perkemahan temu Saka Bahari tingkat Nasional, untuk membangun karakter bahari generasi muda, mewujudkan semangat kebangsaan dalam rangka mempertahankan NKRI.

"Secara khusus tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan pulau Lombok sebagai bagian dari NKRI kepada generasi muda. Memberi pengalaman adanya saling ketergantungan, pelestarian lingkunagn dan menanamkan rasa tanggungjawab. Sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah, Meningkatatkan kesadaran bela Negara dan cinta tanah air, Meningkatkan pemahaman pentingnya menjaga dan mengamankan laut, Meningkatkan pemahaman potensi sumber daya pulau Lombok sebagai bagian dari NKRI, Meningkatkan kesadaran dalam menjaga dan melestarikan lingkungan Maritim
dan Meingkatkan kesadaran tentang NKRI sebagai Negara bahari,” paparnya.

Dijelaskan Budi Purwanto, Perlayaran ini rencana dilaksanakan dengan KRI jenis Landing Platfrom Dock (LPD) dengan rute, dari Tanjung priok menuju Tegal-Surabaya-Benoa-Nusa Penida dan berakhir di Lombok Timur. Di Limbok Timur para
peserta akan mengadakan kegiatan perkemahan temu Saka bahari, Bakti Sosial dan kegiatan lainnya. Selesai kegiatan di Lombok Timur akan kembali dengan rute, Lombok Timur- Nusa Penida- Benoa- Surabaya-Tegal dan berakhir di Tanjung Priok.


Lama pelayaran lebih kurang 22 hari dari tanggal 11 Februari hingga tanggal 4 Maret 2013.

Pada kesempatan ini, Ketua Kamabi Saka Bahari mengharapkan kepada peserta yang akan mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara II agar tidak menjadikan pelayaran ini, pelayaran yang mengasyikkan atau seremonial belaka. Tetapi, ambil hikmah dari kegiatan yang akan dilaksanakan, baik selama dalam pelayaran di atas kapal maupun disaat perkemahan nanti.

“Jadikan ini pengalaman yang sangat berharga, jalin persatuan dan kesatuan antar sesama generasi muda, tumbuh dan kembangkan rasa cinta tanah air sebagai generasi yang siap berdiri dibaris terdepan sebagai calon pemimpin bangsa masa depan,”pinta Budi Purwanto.

"Peserta Saka Bahari Dumai merupakan wakil Provinsi Riau. Untuk itu tunjukkan kalau Saka Bahari Riau dapat menampilkan yang baik dalam kegiatan setara nasional ini," pungkas Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kota Dumai, Kolonel Laut (P) Budi Purwanto ST.

Kemudian Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Dumai, H. Amiruddin juga menyampaikan harapan serupa seperti yang telah disampaikan Ketua majelis Pembina Saka Bahari. Selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kota Dumai, kata Amiruddin, dirinya minta kepada adik-adik Saka Bahari yang telah mendapat kesempatan mengikuti Perlayanaran Lingkar Nusantara II, agar menjadikan pengalaman yang sangat berharga dan ambil hikmah dari semua kegiatan yang akan dilaksanakan.

"Jaga nama baik gerakan Pramuka Provinsi Riau khususnya Pramuka Saka Bahari kota Dumai selaku wakil Riau dalam kegiatan ini, baik selama dalam kegiatan pelayaran maupun disaat perkemahan nanti di Lombok Timur nanti," pesan Ketua Kwarcab Dumai saat melepas 25 peserta Kontingen Saka Bahari yang mengikuti iven skala nasional dan juga mewakili Provinsi Riau di Lingkar Nusantara II. [Sumber Berita : http://www.riauterkini.com]

Jumat, 08 Februari 2013

Rumus Integral dan Keterangannya


 
 
 
 
 
Integral merupakan operasi invers (kebalikan) dari turunan / pendiferensialan. Selain itu, bisa juga diartikan bahwa integral adalah limit jumlah dan bertujuan untuk mencari luas daerah yang diarsir. Dibawah ini adalah rumus - rumus integral dan keterangannya.
 
RUMUS - RUMUS INTEGRAL DAN KETERANGANNYA
 
 
* RUMUS UMUM INTEGRAL
 
∫f'(x) dx = f(x) + C
 
Keterangan:
f'(x) merupakan turunan f(x)
C merupakan konstanta
 
 
* INTEGRAL TAK TENTU
Integral tak tentu adalah integral yang tidak ada batasnya.
Berikut ini adalah rumus - rumus integral tak tentu dari fungsi aljabar:
 
 
 
Berikut ini adalah rumus - rumus integral tak tentu dari fungsi trigonometri:
 
 
 
* INTEGRAL TERTENTU
Integral tertentu adalah integral yang memiliki batas.
 
 
 
Keterangan:
Nilai a sebagai batas bawah 
Nilai b sebagai batas atas
 
 
* INTEGRAL PARSIAL
Integral parsial adalah cara menyelesaikan integral yang memuat perkalian fungsi, tetapi tidak dapat diselesaikan secara substitusi biasa.
Berikut ini adalah rumus integral parsial:
 
∫u dv = uv - ∫v du
 

Video teori dasar dan rumus integral

 

 

Rumus Luas dan Volume Prisma


 
 
 
 
Prisma merupakan salah satu contoh bangun ruang pada matematika. Ciri dari  prisma adalah adanya 2 buah sisi konruen dan saling sejajar. Selain itu juga terdapat sisi sisi lain yang saling berpotongan menurut rusuk - rusuk yang sejajar. Dibawah ini akan dijelaskan rumus luas dan volume prisma sebagai tambahan pengetahuan kita dalam bidang matematika.
 
RUMUS LUAS DAN VOLUME PRISMA 
 
* RUMUS LUAS PRISMA
 
LUAS PRISMA = (2 X LUAS ALAS) + LUAS SELUBUNG
 
Luas prisma juga bisa dihitung dengan rumus sebagai berikut:
 
LUAS PRISMA = JUMLAH LUAS SISI - SISINYA
 
 
Jadi, untuk mengetahui luas sebuah prisma, kita harus menghitung luas pada masing - masing sisi prisma, kemudian menambahkan luas masing - masing sisi prisma untuk mengetahui luas prisma
 
 
* RUMUS VOLUME PRISMA
 
VOLUME PRISMA = LUAS ALAS X TINGGI PRISMA
 
Sebagai contoh, bila sebuah prisma segitiga, maka cara menghitung volume prisma adalah sebagai berikut:
 
(1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga) x tinggi prisma
 
Sedangkan pada prisma segiempat, maka volume prisma dihitung dengan rumus sebagai berikut:
 
(panjang x lebar) x tinggi prisma
 
 
Perlu diperhatikan bahwa tinggi prisma adalah jarak antara bidang alas dengan bidang atas. Berikut ini adalah contoh tabel beberapa jenis prisma yang berisi jumlah sisi, jumlah rusuk, jumlah titik sudut, jumlah diagonal sisi, jumlah diagonal ruang, dan jumlah bidang diagonal.
 
 

Kumpulan Rumus Volume


 
 
 
 
 
Pada matematika tidak hanya mengenal bangun bidang tetapi juga terdapat bangun ruang. Bangun ruang sendiri merupakan bangun geometri yang terdiri dari sisi, rusuk, serta titik sudut yang membentuk sebuah ruang. Setiap bangun ruang pasti memiliki volume. Dibawah ini merupakan kumpulan rumus volume dari beberapa bangun ruang yang selama ini kita kenal.
 
 
KUMPULAN RUMUS VOLUME BANGUN RUANG:
 
 
 
 
Rumus diatas digunakan untuk menghitung volume benda yang bentuknya teratur. Sedangkan untuk benda yang bentuknya tidak teratur, tidak memiliki rumus khusus untuk menghitung volume. Sebagai solusinya, bisa menggunakan air dan gelas ukur untuk menghitung volumenya.

Kumpulan Rumus Luas Berbagai Bentuk Bidang


 
 
 
 
 
Pada ilmu Matematika, dikenal beberapa bentuk bidang yang pasti sudah kita kenal sejak kita mengenyam pendidikan dasar. Beberapa bidang tersebut diantaranya adalah: segitiga, lingkaran, trapesium, layang - layang,  belah ketupat, dll. Dibawah ini adalah kumpulan  rumus luas berbagai bentuk bidang beserta gambar dari masing - masing bidang itu sendiri sehingga kita bisa lebih mengenal jenis, bentuk, serta rumus luas pada masing - masing bidang.
 
 
KUMPULAN RUMUS LUAS BERBAGAI BENTUK BIDANG
 
 
 

Rumus - Rumus Lingkaran


 
 
 
 
 
 
Lingkaran adalah salah satu bentuk bidang yang memiliki banyak rumus. Selain karena bentuk lingkaran merupakan bentuk bangun yang paling sering kita temui juga karena lingkaran bisa digabungkan dengan banyak jenis bidang lain sehingga terdapat banyak sekali rumus - rumus lingkaran yang harus kita ketahui. Rumus - rumus lingkaran di bawah ini akan menjelaskan kepada kita tentang berbagai jenis rumus dan kegunaannya.
 
 
RUMUS - RUMUS LINGKARAN:
 
 

Rumus - Rumus Segitiga


 
 
 
 
 
 
Kita semua pasti akrab dengan nama segitiga. Tidak hanya pada bidang matematika, nama segitiga juga sering dipakai untuk menyebut sebuah bangun yang dibentuk oleh 3 titik yang tidak segaris dan sejajar dimana ketiga titik tersebut dihubungkan dengan 3 ruas garis dan bila dijumlahkan, sudut pada bangun segitiga adalah 180 derajat. Bentuk dari segitiga juga bermacam - macam sehingga rumus - rumus segitiga juga bermacam - macam mengikuti bentuk dari segitiga itu sendiri.
 
BERIKUT INI ADALAH RUMUS - RUMUS SEGITIGA YANG DIPELAJARI DI BANGKU SEKOLAH:
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Rumus - Rumus Bangun Ruang


 
 
 
 
 
Selain memiliki volume, sebuah bangun ruang juga memiliki luas. Bangun ruang yang selama ini kita kenal misalnya: Kubus, Balok (terkadang disebut dengan prisma tegak), silinder, kerucut, prisma segitiga, dll. Rumus - rumus bangun ruang di bawah ini bisa membantu kita untuk mengenal lebih jelas tentang bangun ruang yang ada di sekitar kita.
 
 
RUMUS - RUMUS BANGUN RUANG:
 

Rumus Phytagoras


 
 
 
 
 
Rumus phytagoras merupakan rumus yang berhubungan dengan sisi - sisi pada sebuah segitiga siku - siku. Sebuah segitiga yang memiliki 2 sisi yang bertemu secara tegak lurus dan memiliki sudut 90 derajat. Berikut ini adalah bentuk dari segitiga siku - siku:
 
 
 
Pada gambar tersebut bisa dilihat bahwa antara alas dan tinggi saling tegak lurus. Sisi siku - siku pada segitiga tersebut adalah a dan b. Sedangkan c adalah panjang sisi miring. Dengan kata lain, sisi miring adalah sisi yang berada di depan sudut siku - siku.
 
Sedangkan rumus phytagoras adalah sebagai berikut:
 
KUADRAT SISI MIRING = JUMLAH KUADRAT SISI SIKU - SIKUNYA
 
Berdasarkan gambar segitiga diatas, rumus phytagoras dapat dirumuskan sebagai berikut:
 
c² = b² + a² 
 
Selain menggunakan rumus diatas, kita juga bisa menggunakan rumus turunan dari rumus phytagoras, yaitu:
 
c = √b² + a²
 
 
Sekali lagi, rumus phytagoras hanya berlaku pada segitiga siku - siku dan tidak bisa diaplikasikan pada jenis segitiga yang lainnya. Rumus phytagoras ini juga bisa diaplikasikan pada ilmu Fisika dimana rumus phytagoras digunakan untuk menghitung besarnya kecepatan sebuah benda yang dilihat dari resultan gerakan benda tersebut dimana gerakan benda itu digambarkan pada sebuah kurva. 

Video cara menggunakan Rumus Phytagoras secara cepat
 

Rumus - Rumus Molekul Kimia


 
 
 
 
 
Molekul adalah ikatan dari dua atom atau lebih yang saling bereaksi membentuk ikatan Kimia. Atom sendiri merupakan unsur paling kecil dari sebuah unsur. Molekul sendiri terdiri dari 2 jenis. Yaitu: Molekul Unsur dan Molekul Senyawa. Rumus - rumus molekul Kimia juga dibedakan berdasarkan jenis dari molekul itu sendiri. Kumpulan rumus - rumus Molekul Kimia dibawah ini bisa membantu kita membaca rumus molekul Kimia sebagai tambahan pengetahuan kita.
 
 
RUMUS - RUMUS MOLEKUL KIMIA
 
Alkohol Primer
 
 
 
Oksidasi Lebih lanjut
 
 
 
Alkohol Sekunder
 
 
 
Polipropilen
 
 
 
Disakarida
 
 
 
Asam Amino
 
 
Video rumur struktural molekul kimia
 
 
 
 
 
 
 
One Piece Going Merry
One Piece Going Merry