Kamis, 03 Januari 2013

“Anak Jalanan” Juga Ikut Berlatih Pramuka


519239_ttl.JPGKegiatan “APR Ticket to Life Evaluating and Planning Workshop” berlangsung pada 17-20 Desember 2012 di Pusat Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Pusdiklatnas), Cibubur. Diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari lima negara: Bangladesh, Pakistan, Nepal, Filipina, dan Indonesia.
Lokakarya internasional ini diselengarakan oleh World Scout Bureau/Asia-Pacific Region (WSB/APR) yang berkolaborasi dengan panitia dari Gerakan Pramuka guna mengumpulkan koordinator nasional dari tiap negara untuk program Ticket to Life (TTL), yang telah secara aktif berpartisipasi dan telah berhasil menerapkan program latihan dan mengevaluasi dan merencanakan program kerja selanjutnya.
Sejak Senin (17/12) peserta lokakarya bergantian memaparan berbagai program TTL yang telah dilaksanakan. Melalui berbagai data yang dipaparkan, peserta dapat saling bertukar pengalaman sehingga dapat membuat satu kesimpulan yang akan di rekomendasikan pada akhir kegiatan ini sebagai acuan kegiatan TTL di masa yang akan datang.
Peserta lokakarya akan mengidentifikasi kegiatan yang sudah berjalan dengan baik serta apa saja yang perlu diperbaiki dan harus dilakukan untuk meningkatkan program ini, sehingga dapat dikembangkan untuk tahun berikutnya. Kegiatan lokakarya juga berguna untuk meningkatkan kemampuan dalam mendokumentasikan kegaitan, melaporkan sekaligus mempublikasikan.
Pada formulir dampak individu yang disebar oleh WSB/APR “Anak Jalanan” yang telah aktif berlatih dinilai disiplin pibadinya, tanggungjawabnya, cara mereka menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan, cara berinteraksi dengan orang yang lebih tua dan teman sebaya yang dinilai oleh Pembina dan orang disekitarnya untuk mendapatkan data yang akurat.
Hasilnya, dari berbagai negara menyampaikan bahwa banyak perubahan yang dapat dilihat pada kepribadian “Anak Jalanan” tersebut sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan kepramukaan, karena metode pendidikan karakter yang ditanamkan dalam janji Pramuka.
Rabu (19/12) peserta diajak melihat langsung kegiatan Gugusdepan binaan program TTL oleh Gerakan Pramuka yang sehari-hari berlatih dikawasan Kemayoran, Jakarta Pusat dan Depok, Jawa Barat. Anak Jalanan yang telah berlatih akan menunjukkan berbagai keterampilan Kepramukaan. Kunjungan istimewa ini, akan dilaksanakan di SD Kebon Kosong 10 Pagi di Jalan Kemayoran Gempol, Jakarta Pusat sejak pukul 13.00-15.00 WIB
Peserta yang sebelumnya dijadwalkan berkunjung ke Gedung Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Monumen Nasional dijadwalkan tiba pada pukul 13.00 WIB di Kemayoran disambut dengan kegiatan khas dikepramukaan yakni Yell oleh Pramuka Penggalang. Di sana peserta lokakarya juga akan melihat berbagai keterampilan yang diajarkan sebagai bekal kehidupan di masa datang serta menyaksikan pergelaran musik dari bahan bekas yang menjadi salah satu kegiatan “Anak Jalanan” di Gugusdepan Pangeran Siliwangi, Depok-Jawa Barat.

Untuk informasi lebih lanjut, tersedia di laman (website) www.pramuka.or.id, @kwarnas, @ticketolife_ina

Humas Kwarnas
  1. Septembri Yanti: 08129650663
  2. Saiko Damai: 081310769003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar