Kamis, 17 Januari 2013

Panji Keberhasilan Pramuka Diarak Keliling Bunyu


463671_bulungan 1.jpg

TANJUNG SELOR – Setelah Kabupaten Bulungan dinobatkan sebagai gerakan pramuka tergiat se-Kalimantan Timur (Kaltim) yang ditandai dengan penyerahan panji keberhasilan gerakan pramuka tergiat oleh Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak kepada Bupati Bulungan H. Budiman Arifin beberapa hari lalu, Sabtu (12/1) kemarin panji keberhasilan itu diarak keliling Kecamatan Bunyu oleh keluarga besar grakan Pramuka di Pulau Bunyu.
Dikawal dengan petugas Patwal satuan Lalu Lintas Polsek Bunyu, rombongan arak-arakan panji keberhasilan gerakan pramuka tergiat se-Kaltim dibawa menyusuri setiap sudut Kota Bunyu dengan rute strat dari Pelabuhan Bunyu-Jalan Methanol-Bangsal Tengah-Jalan Manunggal arah ke pasar baru, selanjutnya rombongan arak-arakan menuju ke SMAN 1 Bunyu lokal II – PLN Lama - kebun sayur - lewat depan Polsek Bunyu dan finish di Handasa (SMAN 1 Bunyu komplek I).
Acara arak-arakan kemarin berlangsung dengan mariah, sebab selain anggota gerakan pramuka di Kwartir Ranting Bunyu, pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Bulungan juga nampak mengikuti arak-arakan di pulau yang terkenal sebagai penghasil minyak dan gas itu. Bahkan Ketua Kwarcab Bulungan, H. AR Rasyid bersama jajarannya juga nampak masuk dalam arak-arakan panji keberhasilan gerakan pramuka tergiat se-Kaltim.
Ditemui usai kegiatan, H. AR Rasyid mengatakan, panji keberhasilan kegiatan pramuka tergiat se-Kaltim itu merupakan panji ke kedua yang diterima Bulungan, setelah sebelumnya pada 2012 lalu Bulungan untuk pertama kalinya mendapat panji yang sama. Nah, sebagai bentuk rasa syukur serta meluapkan keberhasilan itu, Kwarcab Bulungan merencanakan akan melakukan arak-arakan yang sama di kecamatan lain di Bulungan.
Lebih jauh dikatakannya, diraihnya panji keberhasilan ini adalah hasil kerjasama semua pengurus kegiatan pramuka, mulai dari jajaran Kwarcab hingga anggota pramuka di gugus depan. “Ini (panji keberhasilan, Red) tidak hanya tergantung pada Kwaracab saja, tapi hasil dari kerjasama semua,” terang Rasyid.
Selain itu, keberhasilan itu juga tidak terlepas dari dukungan Ketua Majlis Pembimbing Cabang (Mabicab) yang juga menjabat sebagai Bupati Bulungan, H. Budiman Arifin yang telah memberikan dukungan, baik dalam bentuk moril maupun dalam bentuk dukungan pembiayaan. “Bahwa Kamabicab (Bupati, Red) ini sangat peduli dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan, tidak saja dukungan moril tapi juga dukungan materil yang sangat luar biasa terhadap kemajuan dan perkembangan kegiatan kepramukaan di Bulungan,” bebernya.
Sementara itu dengan adanya arak-arakan panji keberhasilan itu, diharapkan nantinya bisa menjadi motivasi guna terus mengembangkan dan semakin menggiatkan kegiatan pramuka di Bumi Tenguyun-sebutan lain Kabupaten Bulungan, sehingga di awal tahun 2014 nanti Bulungan bisa mempertahankan panji keberhasilan itu. “Yang lebih susah itu mempertahankan dari pada merebut,” kata Ketua Harian Kwarcab Bulungan, H. Dadang Widjosuseno yang juga ikut dalam rombongan arak-arakan di Pulau Bunyu kemarin. (din/ash)
[sumber berita: http://www.radartarakan.co.id]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar