Jumat, 18 Januari 2013

Dua Anggota Pramuka Berangkat ke Lampung


Dua anggota aktif gerakan pramuka racana Bung Hatta-Rasuna Said pangkalan Universitas Bung Hatta Padang, Sumbar, yakni Oki Dikagura (19) dan Tika Purnama Sari (20) angkatan XXI,  berangkat mewakili Sumbar ke pertemuan PEKATPRAGA (Pelatihan Ketrampilan Alam Terbuka Pramuka Penegak Pandega) se-Sumatera Tahun 2013. Pertemuan yang bertemakan “Kembangkan Potensi Diri Sebagai Bekal Menjadi Generasi Mandiri” ini akan berlangsung selama seminggu lamanya. Menurut rencana, acara ini akan digelar Selasa (15/1) depan, di Universitas IAIN Intan Lampung Jalan Letkol H. Endro Sratmin Sukarame Bandar Lampung.
Menurut ketua putra racana Bung Hatta-Rasuna Said, Oki Dikagura, hari ini berangkat menuju Lampung untuk mengikuti kegiatan alam terbuka, ia akan berupaya merealisasikan ilmu yang telah didapat di daerah Sumbar khsusnya bagi gerakan pramuka,
Selanjutnya, Oki menerangkan, kebarangkatan ini sudah mendapat restu dari Kamabigus Gerakan Pramuka Universitas Bung Hatta, meskipun anggaran yang dibutuhkan masih terbilang cukup, ia berharap semua dapat terealisasi demi kampus dan Sumbar.
"Persoalan anggaran memang tidak kami ributkan walau dibilang cukup untuk kami berdua untuk ikut kegiatan, " jelasnya, Minggu (13/1).
Sementara itu, ketua pelaksana PEKATPRAGA se Sumatera Tahun 2013, Lailatussaadah, saat dikonfirmasi menyampaikan, kegiatan ini selain dari kerja dewan racana juga sebagai mengembangkan wawasan dan menggali ilmu pengetahuan anggota pramuka yang berpangkalan ditiap universitas se Sumatera. Kegiatan alam terbuka ini nantinya akan bergilir dan dibentuk forumnya agar terjalin silahturahmi antara racana se Sumatera.
"Ini merupakan kegiatan alam terbuka pramuka penegak dan pandega sebagai ajang menggali ilmu dan memperkenalkan alam, berharap semua dapat berjalan dengan baik dan ini baru pertama sekali digelar, " ujarnya.
Dari data yang dihimpun Padang Today, materi kegiatan yang akan digelar di IAIN Lampung terbagi atas dua bagian, pertama, materi umum berupa pengenalan alam bebas, HTC (Hiking, Tracking, Climbing), perencaneaan perjalanan, SAR (Search And Rescue). Kedua, materi khusus yakni PPGD, micro teaching, survival, kompas dan peta Topografi Peta Wilayah, serta penanaman seribu pohon oleh peserta di bumi perkemahan kawasan Gunung Rajabasa Desa Way, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.
Saat ini, kedua anggota aktif tersebut telah berangkat menuju lampung kota Bandar Lampung sekitar pukul 10.00 Wib tadi pagi menggunakan BUS NPM Ekonomi, diperkirakan mereka akan tiba di Lampung  pukul 17. 00 WIB, besok (14/1). (Putra Tanhar)
[sumber berita: http://www.padang-today.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar