Jumat, 18 Januari 2013

Siap Kembalikan Kejayaan Pramuka di Bunyu


249273_bulungan.jpg

TANJUNG SELOR - Diraihnya panji keberhasilan gerakan pramuka tergiat se-Kaltim untuk kali kedua ini ternyata juga menjadi motivasi tersendiri bagi kegiatan pramuka di Bunyu. Pasalnya usai kegiatan arak-arakan Sabtu (12/1) kemarin, seluruh pengurus Kwarting Ranting (Kwarran) Bunyu siap untuk kembali membangkit gerakan pramuka di kecamatan Bunyu. Kesiapan itu terungkap saat pertemuan antara pengurus Kwarran Bunyu dengan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Bulungan di aula SMAN 1 Bunyu.
Untuk diketahui, gerakan pramuka di Kecamatan Bunyu pernah menjadi kegiatan pramuka terbaik se-Kabupaten Bulungan pada dekade tahun 1980-an. Tak hanya itu, pada tahun-tahun itu gerakan pramuka di Bunyu sempat menjadi rujukan untuk belajar kepramukaan. “Pada tahun 80-an (sekitar 1980, Red), Bunyu ini adalah tempatnya orang belajar pramuka, tapi setelah masuk tahun 1990-an ke atas kegiatan-kegiatan kepramukaan di Bunyu menurun sampai saat ini,” kata Ketua Kwarcab Bulungan H. AR Rasyid.
Masih kata Rasyid, jika dilihat dari keaktifan kegiatan kepramukaan dua tahun terakhir, maka gerakan pramuka di pulau Bunyu saat ini berada di posisi ke empat, sedangkan kegiatan tergiat pertama berada di Kwaran Tanjung Selor, kemudian Kwaran Tanjung Palas Utara, lalu disusul Kwaran Tanjung Palas. Dari itu Rasyid berharap agar kegiatan di Bunyu dapat ditingkatkan.
Sementara itu, Ketua Kwarran Bunyu, Badaruddin SE tidak menampik jika kepramukaan di Bunyu belakangan ini kurang aktif. Hal itu, kata dia, disebabkan beberapa factor, diantaranya kurangnya pendanaan serta minimnya perlengkapan kepramukan. Meski begitu, pihaknya bersama jajaran pengurus, termasuk pengurus 14 gugus depan di Kecamatan Bunyu, bertekat ingin mengembalikan kejayaan pramuka kegiatan pramuka di Bunyu. "Sama dengan yang disampaikan Ketua Kwarcab (H. AR Rasyid, Red), kita akan mengembalikan pramuka lebih baik kedepan," jelasnya.
Hal senada juga dikatakan Ketua Gugus depan 007005 dan 007006 SMAN 1 Bunyu, Bambang Priyo. "Kita akan berusaha bagaimana eksistensi pramuka di Bunyu menjadi barometernya (pramuka, Red) Bulungan. Meskipun tidak mudah, tentunya kita harus kerja keras," ungkapnya. (din/ash)
[sumber berita: http://www.radartarakan.co.id]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar